menyalakan lilin kecil itu jauh lebih baik daripada terus menerus mengutuki kegelapan

bayangkan betapa nikmatnya jika pada suatu saat anda makan siang dengan sayuran segar dan jus tomat organik yang anda panen dari kolong meja kerja anda sendiri


Mayoritas penduduk dunia saat ini hidup di perkotaan. Proporsi ini berkembang pesat, dan pada tahun 2050 diperkirakan mencapai 6 miliar atau 70 persen dari jumlah populasi dunia. Namun Tanpa disadari bahwa kehidupan kota yang semakin  dominan akan menjauhkan kita dari sumber makanan,   dari fakta lapangan menunjukan bahwa kota-kota besar mengimpor 6.000 ton makanan setiap hari, dengan jarak rata-rata 1.700 mil antara petani dan konsumen. Statistik ini menimbulkan dua titik kunci yaitu: pertama, populasi perkotaan sangat banyak terputus dari sumber makanan mereka, danyang kedua,  sistem pengiriman pertanian sangat tergantung pada bahan bakar migas.
Prototipe ini diharapkan menjadi salah satu solusi terhadap inefisiensi sistem saat ini, dan bertujuan untuk memberdayakan penduduk perkotaan untuk menghasilkan makanan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dirancang dengan biaya terjangkau dan mudah digunakan, sehingga mampu mengoftimalkan ruang yang kurang dimanfaatkan selama ini.

Berikut ini adalah beberapa prototip pertanian yang memungkinkan untuk dirterapkan di perkotaan.

1. Sill farm: menggunakan cahaya langsung dari jendela

contoh aflikasi:

system ini diirancang untuk apartemen kota, prototipe ini cocok di dekat jendela standar perumahan. rumah kaca kecil yang berada di dekat jendela dan tangki ikan yang terhubung untuk menyediakan nutrisi organik untuk tanaman.Tanaman juga merupakan filter limbah beracun bagi ikan tersebut mengoptimalkan cahaya alami yang tersedia, sehingga menurunkan kebutuhan listrik..


2. Light farm: pertanian yang terintegrasi  dengan infrastruktur kota

3. Tray farm:  menempati unit apartemen yang kosong

4. Desk farm:  mebel produktif

5. Bench farm:  mebel produktif

sumber: http://growingcities.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: