menyalakan lilin kecil itu jauh lebih baik daripada terus menerus mengutuki kegelapan

Saya tidak begitu ingat kapan tepatnya  mulai menyukai burung terutama burung kenari, saya menyukai burung yang satu ini karena selain mempunyai  suara yang sangat khas  burung ini juga mempunyai bulu-bulu  warna warni nan menawan.

Saya biasanya mendapatkan burung ini dari kios burung atau dari peternaknya langsung, tapi sudah hampir 2 tahun ini saya mencoba mengawinkan sendiri burung jenis kenari ini, dan hasilnya lumayan selain hoby tersalurkan juga kita memperoleh tambahan dana ya lumayan lah sekedar buat beli pakan mah hehehe…. tapi yang lebih penting lagi kita bisa merasakan kepuasan lebih kalau burung yang kita pelihara dan besarkan sampai gacor itu berasal dari ternakan sendiri.

Sekedar ingin berbagi kepada anda sesama pecinta burung terutama kenari, berikut ini akan saya paparkan tahapan2 dalam beternak kenari…… langsung aja…..

1. Persiapan ternak (kontrol emosi),

Opsi ini sengaja saya jadikan sebagai urutan pertama karena saya rasakan sendiri di awal2 ternak, kita kadang sulit mengontrol emosi diri pengennya langsung gede, langsung banyak dan langsung sukses. walaupun waktu ini tergolong peternak pemula,  saya langsung menyiapkan 32 kandang ternak berikut indukannya yang notabene bukan indukan biasa, saya langsung mencari bibit local dengan bulu merah yang harga satu pasangnya waktu itu bisa 1,5 – 2,5 jt, ditambah lagi jenis Yorkshire yang harganya pantastis 1 pasangnya sampai 6 jt an. Padahal saya belum menguasai betul tentang seluk beluk ternak kenari ini, hasilnya pun jauh dari yang diharapkan, banyak sekali indukan yang tidak bertelor atau tidak menetas bahkan  ada pula indukan yang berguguran hiks hiks hiks…., tapi sudahlah yang namanya juga hobby hehehe… yang penting sekarang saya ingin menularkan sedikit pengetahuan saya tentang tatacara berternak kenari (for beginner)

2. Menyiapkan Kandang

untuk pemula sebaiknya tidak usah banyak dulu cukup 2-4 buah kandang saja, mengenai ukuran kandang tentu harus disesuaikan dengan ukuran kenari yang akan kita ternak, dalam hal ini saya akan batasi pada ternak kenari lokal yang ukurannya lebih kecil dari kenari jenis Yorkshire.

Kadang yang lajim digunakan dalam ternak kecari local biasanya, panjang : 60 cm, kebar: 40cm dan tinggi 40 cm, selain ukuran kandang ada yang harus lebih diperhatikan mengenai masalah kandang ini yaitu tempat dimana kandang ini diletakan, yaitu kandang harus benar2 terjaga dan aman dari gangguan baik manusia maupun predator alami burung kenari seperti semut dan tikus, tikus merupakan musuh yang paling diwaspadai karena selain mencuri makanan burung dia juga sangat doyan makan burung nya waspadalah! Waspadalah!

3. Menyiapkan Indukan,

Seperti yang sudah saya utarakan di atas bahwa untuk pemula sebaiknya kita jangan mengambil resiko terlalu besar dengan memilih indukan yang mahal, sebisa mungkin kita harus berusaha menekan resiko dengan membeli indukan local saja sebagai bahan pembelajaran, nanti setelah anda menguasai detilnya dan udah jago mau berternak sebesar dan sebanyak apapun bukan masalah lagi. Untuk pemula saya sarankan anda cukup menyiapkan

1.  satu  ekor indukan jantan (bulu bebas) yang penting gacor paling harga 250-300 rb saja,

2.  2-3 ekor indukan betina harga antara 100-200rb,

untuk pemula saya sarankan mencari indukan betina yang sudah pernah beranak karena kenari yang masih dara akan sulit dikawinkan. Catatan: secara alami burung kenari bukan burung yang monogamy seperti lovebird tetapi kenari adalah burung yang suka poligami sehingga satu ekor jantan bisa dipakai untuk mengawini 2 – 4 kenari betina.

4. Memulai menjodohkan/mengawinkan kenari

red canari kebanggan saya sedang dalam proses perkawinan

Inilah bagian yang paling penting dalam ternak kenari yaitu menjadi “penghulu” perkimpoian, proses ini sebenarnya sangat sederhana tinggal memasukan kenari jantan kedalam kandang yang dihuni kenari betina, jika kenari jantannya siap maka dia akan langsung menyerang betina dan biasanya kenari betina langsung mengeleparkan sayap dan merendahkan tubuhnya maka…. Jreng…… proses perkawinanpun terjadi (sensored). Setelah itu kita tinggal menyiapkan sarang buat doi bertelor nanti, biasanya antara 3– 7 hari betina akan segera bertelor.

5. Proses pengeraman telor

Karena jantan kenari hoby poligami maka setelah kenari betina bertelor sebanyak 3 butir atau mulai mengerami maka sang jantan dipisahkan kedalam kurung sendiri untuk dirawat dimandiin dan dijemur agar tetap fit lalu bisa dikawinkan lagi dengan betina berikutnya. Hal ini berguna selain untuk pemulihan sang jantan juga berfungsi agar betina tidak terganggu dalam proses pengeraman.

6. Perawatan anak kenari,

Biasanya telur kenari akan menetas dalam waktu 14-16 hari, maka jika dalam kurun waktu tersebut kenari belum juga menetas, kita wajib curiga bahwa memang terjadi kegagalan, tapi jangan terlalu khawatir mungkin belum waktunya menetas heheh… toh kita bisa mencobanya lagi kemudian. Jika ternyata menetas maka kita harus menambahkan ekstra fooding yang bisa dengan mudah dicerna oleh anak kenari biasanya diberi tambahan makanan telur, boleh telur ayam maupun telur puyuh. Sebagai langkah awal mulai beternak kenari, apa yang saya sampaikan tadi saya rasa sudah cukup memadai, kuncinya jangan takut mencoba dan memulai …… selamat mencoba! Bersambung……

Comments on: "Panduan Praktis Ternak Kenari (bagian 1)" (16)

  1. mantebbb gann…mksh atas ilmune…wkkwkwwk

  2. sip bos infonya ….

  3. gan telur ayamnya yg mateng pa mentah..???
    thanks..

  4. thank bayak pisan buat inpox ya gan
    akan saya cobi

  5. Thanks pak bos. Tapi perlu di per”detail” nih artikelnya. Supaya lebih terobsesi lagi pak bos.

  6. Anonymous said:

    MANTAAABBBBB MAS BRO….

  7. kalau burung sedang mabung bisa dikawinkan apa tidak sob???? dari beberapa artikel yg ada di internet katanya perlunya waktu penjdohan juga, kalo anda bagaimana???

  8. knari sy dh kwin. tp d ksh sangkar mlah d lucuti. solusi’y gmna ?

  9. adendicigunbudakkasep said:

    kira2 kpan pemberian sangkar yg tepat, sbelum kwin atau ssudah berjodoh.

  10. saya sudah alami berternak mulai 1 pasang sekarang baru 4 ps tinggal cari pasangan dari masing2 pasangan

  11. Anonymous said:

    sukses slalu

  12. yaumilemil said:

    enak banget memahaminya . . .
    enak juga buat dicoba hehe . . .
    terimakasih gan

  13. kami sediakan kenari jenis lokal, af, f1 murah berkualitas wil blitar085708237973

  14. Anonymous said:

    kalau pejantan sedang mabung pa jadi untuk di kawinkan

  15. Setiawan said:

    Om bagaimana cara mengenali kenari betina dan jantan….TerimakasiH

  16. adat sudrajat said:

    ♍ªĽªм suhu, saya baru saja beli sepasang kenari 2 minggu yang lalu. Di tempat penjualnya burung kenari itu sudah bikin sarang sudah mblunder dan kata si penjual 4-7 hari ℓαgΐ pasti bertelor
    Tapi begitu dibawa ke rumah saya kok sãмρέ 2 minggu gak nelor-nelor. Ãp̅ã karena perpindahan tempat berpengaruh dengan telornya? Mohon solusinya suhu. Thanks

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

